Pengaruh Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Kembali: Studi Kasus Pada Warung Ayam Gephuk Sambel Ijo Genteng Banyuwangi

Authors

  • Lybel Vega Pratama Universitas Muhammadiyah Jember
  • Feti Fatimah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tatit Diansari Reskiputri Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.11

Keywords:

Sense, Feel, Think, Act, Relate, Keputusan pembelian kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer experience terhadap keputusan pembelian kembali (studi kasus pada Warung Ayam Gephuk Sambel Ijo Genteng Banyuwangi). Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah jawaban responden melalui item-item kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Warung Ayam Gephuk Sambel Ijo Genteng Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel sebanyak 90 responden yang terdiri dari konsumen yang berusia 17 tahun keatas dan konsumen yang pernah melakukan pembelian lebih dari 2 kali di Warung Ayam Gephuk Sambel Ijo. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa memiliki pengaruh customer experience terhadap keputusan pembelian kembali, serta menunjukkan juga bahwa sense (panca indera), feel (perasaan), think (cara berpikir), act (tindakan), relate (hubungan) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kembali pada Warung Ayam Gephuk Sambel Ijo.

References

Alfian, F., & Hariwan, P. (2016). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang Pada Wiki Koffie Bandung. E-Proceeding of Management, 3(1), 647–654.

Ali Hasan. (2013). Marketing (Cetakan Pe). Media Pressdindo Yogyakarta.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pendek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan disertai Ilmu Manajemen. In Semarang: Universitas Diponegoro.

Gersom Hendarsono, S. S. (2013). Analisa Pengaruh Experiental Marketing terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–8.

Kertajaya, H. (2006). Hermawan Kertajaya on Marketing. Gramedia. Pustaka Utama.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I disi ke Edisi 13 (Edisi 13). Jakarta:Erlangga.

Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). Jakarta : PT. Indeks.

Lutfillah, V., Fatimah, F., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek A3 Fresh O2. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4 No.2(E-ISSN:2528-0570 P-ISSN:2459-0570), 175–187.

Monica Tiara, & Widaningsih Sri. (2020). “Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Kasus Pada Taman Kardus Bandung).” E-Proceeding of Applied Science, 6(1), 30–35.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. In CV. Pustaka Setia.

Salim, F. K., & Catherine. (2013). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen di TX Travel Klampis. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Sugiyono. (2010). statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Pratama, L. V., Fatimah, F., & Reskiputri, T. D. (2024). Pengaruh Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Kembali: Studi Kasus Pada Warung Ayam Gephuk Sambel Ijo Genteng Banyuwangi. Journal of Business Management, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.11