Analisis SWOT Produk Benih Pada Seed Center Politeknik Negeri Jember

Authors

  • Satria Indra Kusuma Politeknik Negeri Jember
  • Irma Harlianingtyas Politeknik Negeri Jember
  • Triono Bambang Irawan Politeknik Negeri Jember
  • Berlina Yudha Pratiwi Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.16

Keywords:

Manajemen, Pemasaran, Produksi, Strategi, Seed Center

Abstract

Benih unggul menjadi salah satu faktor penting dalam produksi padi karena penggunaan benih unggul bermutu benih yang digunakan dalam usahatani, maka akan semakin tinggi pula tingkat produksi yang akan diperoleh.  Salah satu produsen benih unggul di Jember adalah TeFa Seed Center Politeknik Negeri Jember yang telah berdiri sejak tahun 2019.  Varietas benih padi yang diproduksi Tefa Seed Center antara lain: Sunggal, Inpari 32 HBD, IR 64, Way Opo Buru, Ciherang, Cibogo, Inpari 33, Memberamo, Mekongga, Situbagendit, Inpari 33, Cakrabuana, dan Mantap. Berbagai macam varietas yang diproduksi ini menyesuaikan permintaan distributor maupun petani langsung yang sesuai dengan lokasi lahan pertaniannya.  tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis berdasarkan kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman sehingga dapat merumuskan strategi serta kebijakan yang tepat pada Tefa Seed Center. Berdasarkan hasil analisis perusahaan menghadapi peluang yang sangat besar, namun disisi lain Seed Center menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: meningkatkan ketersediaan produk setiap bulan; membangun mitra kolaboratif dengan pemerintah, asosiasi pedagang benih, dan toko pertanian membuat kebun percobaan untuk meyakinkan mitra; menyediakan tenaga pemasaran dan produksi benih yang terlatih; peningkatan manajemen distribusi produk; menambah pekerja untuk costumer service; membangun budaya organisasi yang sehat dan kompetitif.

References

Abdirrahman, A. W., & Sumiati, S. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Di Kafe Xyz. In Juminten (Vol. 2, Issue 3, pp. 143–154). UPN" VETERAN’JAWA TIMUR. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i3.251

Amstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Anggraeni, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 4(2), 74–81.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. (2022). Kabupaten Jember Dalam Angka.

Fauzi, D., & Martadona, I. (2019). Strategi pemasaran padi organik di kelompok tani padi rimbun Kota Padang. Pangan, 28(1), 1–10.

Janiah, S. (2019). Strategic Management Efe-Ife Matrix, Swot Analysis, Competitive Profil Matrix (Cpm) Dan Bcg Matrix Pada Pt Yamaha. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 188–196. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i2.69

Notarianto, D., & PUJIYONO, A. (2011). Analisis efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani padi organik dan padi anorganik (studi kasus: Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen). Universitas Diponegoro.

Nuswardhani, S. K. (2019). Kajian serapan benih padi bersertifikat di Indonesia periode 2012–2017. Agrika, 13(2), 162–176.

Rahmawati, S. (2006). Status perkembangan perbaikan sifat genetik padi menggunakan transformasi agrobacterium.

Sagala, D., Ramadhani, E., Junairiah, J., Herawati, J., Asmuliani, R., Arsi, A., Indarwati, I., & Cahyani, D. A. (2022). Budidaya Tanaman Pangan. Yayasan Kita Menulis.

Somantri, R. U. (2016). Penggunaan varietas unggul tahan hama dan penyakit mendukung peningkatan produksi padi nasional.

Syahri, S. R. U., & Somantri, R. U. (2016). The Use of Improved varieties resistant to pests and diseases to increase national rice production. J. Litbang Pert, 35(1), 25–36.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Kusuma, S. I., Harlianingtyas, I., Irawan, T. B., & Pratiwi, B. Y. (2023). Analisis SWOT Produk Benih Pada Seed Center Politeknik Negeri Jember. Journal of Business Management, 2(1), 25–27. https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.16