Strategi Pemasaran Produk Inovasi Tinta dari Ekstrak Daun Jambu Biji Menggunakan Analisis SWOT di Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Septine Brillyantina Politeknik Negeri Jember
  • Dini Nafisatul Mutmainah Politeknik Negeri Jember
  • Rahmat Dhandy Politeknik Negeri Jember
  • Asmunir Asmunir Politeknik Negeri Jember
  • Sasi Kirana Dipo Maharani Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jobm.v1i2.7

Keywords:

Strategi pemasaran, Produk inovasi, Tinta, Ekstrak daun jambu biji

Abstract

Penggunaan spidol sebagai alat tulis ketika kegiatan belajar mengajar sudah sangat lazim. Banyaknya penggunaan tinta isi ulang spidol dikarenakan banyaknya kelas yang menggunakan. Penggunaan spidol isi ulang sudah tentu menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Penelitian ini akan menemukan strategi pemasaran terhadap produk inovasi tinta dari ekstrak daun jambu biji yang ramah lingkungan menggunakan analisis SWOT di Kabupaten Sidoarjo, yang terdiri dari kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman dengan mempertimbangkan data primer dan sekunder.  Akhirnya hasil penelitian ini akan digunakan untuk menemukan strategi pasar dalam memanfaatkan produk inovasi karena akan mampu bersaing dan mengembangkan produk tinta yang ramah lingkungan di masa depan.

References

BPS. 2023. Produksi Buah-buahan Jambu Biji Menurut Kabupaten Sidoarjo di Provinsi Jawa Timur (kwintal) tahun 2022.

David, F.R. 2016. Manajemen Strategi: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing.

Jakarta: Salemba Empat.

Diniaty D., and Agusrinal. 2021. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan (Studi Kasus: Home Industry Saiyo Sakato Di Kenagarian Padang Laweh Kecamatan Koto Vii Kabupaten Sawahlunto Sijunjung). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. 11(2).

Herliani. 2017. Pemanfaatan Daun Karamunting sebagai Bahan Baku Tinta Spidol. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang. 8(1): 11-14.

Hernawati T., Engkos M., and Eko G. 2014. Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepatu Adidas Di PT. Panarub Industry. Journal Industrial Manufacturing. 6(1).

Lembong, AM. 2023. Analisis Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen pada Rumah Makan MM Juice Manado. Jurnal EMBA. 11(1): 1261-1270.

Mamahit, BVB., Mandey, SL., and Rotinsulu, JJ. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Jasa CV. Caritas Dei Nobiscum untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal EMBA. 9(3): 892-901.

Mutmainah, DN, et.al. 2022. Strategi Pengembangan Jamu Jawa Tradisional CV. Santoso di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Food Scientia Journal of Food Science and Technology. 2(1) 2022, 48-72.

Nnaji, N.J.N., Okoye, C.O.B., Obi-Egbedi, N.O., Ezeokonkwo, M.A., and Ani, J.A. 2013. Spectroscopic Characterization of Red Onion Skin Tannin and It’s use as Alternative Aluminium Corrosion Inhibitor in Hydrochloric Acid Solutions. 8: 1735.

Noor, S. 2014. Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran

Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal Intekna. 14(2): 102-209.

Oktiarni,D., Manaf,S., Suripno. 2012. Pengujian Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava Linn.) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Pada Mencit (Mus musculus). Jurnal UNIB. hal.2.

Rangkuti, F. 2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Sari, F., Kurniaty, I., Susanty. 2021. Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava L) sebagai Zat Tambah Pembuatan Sabun Cair. Jurnal KONFERSI. 10(1): 1-7.

Sofjan, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukardi, Mulyarto, A.R., Safera,W., 2007. Optimasi Waktu Ekstraksi terhadap Kandungan Tanin Pada Bubuk Ekstrak Daun Jambu Biji .(PSIDII Folium) serta Biaya Produksinya. Jurnal Teknologi Pertanian. 8(2): 89.

Suprapto, H. 2019. Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Pengembangan Produk guna Meningkatkan Volume Penjualan pada CV. Silvi MN Paradila Parengan Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM). 4(2): 953-962.

Wahyuni, T., and Ab, S. 2014. Pemanfaatan Tanin Ekstrak Daun Jambu Biji terhadap Laju Korosi Besi dalam Larutan NaCl 3%. Jurnal KONVERSI. 3(1): 45-52.

Widyawati, N., Tohari, P. Yudono, dan I. Soemardi. 2009. Permeabilitas dan perkecambahan benih aren (Arenga pinnata (Wurmb) Merr.). Jurnal Agronomi Indonesia. hal.37.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Brillyantina, S., Mutmainah, D. N., Dhandy, R., Asmunir, A., & Maharani, S. K. D. (2023). Strategi Pemasaran Produk Inovasi Tinta dari Ekstrak Daun Jambu Biji Menggunakan Analisis SWOT di Kabupaten Sidoarjo. Journal of Business Management, 1(2), 41–46. https://doi.org/10.47134/jobm.v1i2.7

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.