Strategi Pengembangan Boba Davocas Menggunakan Analisis SWOT

Authors

  • Lilis Ayu Fatinia Politeknik Negeri Jember
  • Fanecia Apriani Politeknik Negeri Jember
  • Wildanu Ubaidilla Politeknik Negeri Jember
  • Ahmad Haris Hasanuddin Slamet Politeknik Negeri Jember
  • Sekar Ayu Wulandari Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.12

Keywords:

Strategi Pengembangan, SWOT, Boba Davocas, Inovasi minuman

Abstract

Pemanfaatan teknologi yang ada serta perkembangan inovasi yang cukup pesat, menjadikan masyarakat lebih suka mengonsumsi minuman instan karena dinilai lebih praktis. Antusiasme masyarakat Indonesia yang sangat tinggi terhadap boba memberikan peluang dalam berinovasi. Davocas merupakan bisnis produk boba yang diracik dengan ekstraksi atau saripati dari biji kurma dan biji alpukat. Pengolahan Boba Davocas ini memiliki peluang yang cukup besar untuk diindustrialisasikan. Strategi yang dilakukan berdasarkan analisis SWOT meliputi strategi Strength-Opportunity, Weakness-Opportunity, Strength-Threat, dan Weakness-Opportunity. Mengacu pada beberapa analisis tersebut terdapat beberapa metode yang diterapkan diantaranya yaitu memperluas daerah pemasaran melalui media e-commerce, terus berinovasi dalam pengembangan rasa produk, menggencarkan promosi dan pengenalan produk, membangun relasi dengan para penjual jus buah, memberikan berbagai penawaran menarik pada produk, dan menjalin kerjasama dengan pemasok bahan baku dalam upaya menekan harga.

References

Andriyani, C. D., & Astuti, H. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Inni Dawet Cincau Desa Sumengko Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. JEMeS - Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 5(1), 52–68. https://doi.org/10.56071/jemes.v5i1.295

Julia, S. D., Yanti, R. T., & Yustanti, N. V. (2023). Strategi Pemasaran Pada Caffee Ten Bos Boba Simpang Tiga Ngalam Kabupaten Seluma. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 939–950. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.2995

Lidi, I. M., Mulyanto, M. M., Kusumaningtyas, F. T., & Lewerissa, K. (2021). Penambahan Tepung Biji Alpukat sebagai Sumber Antioksidan pada Makanan Sereal. Journal of Human Health, 1(1), 9–14.

Mafika, W. (2023). Perbandingan Hasil Jadi Pewarnaan Ecoprint Kulit Buah Alpukat Menggunakan Mordan Tawas Dan Tanjung. Snhrp, 134–140.

Parwati, N. P., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256

Sukma, I., Mu’tamar, M. F. F., & Asfan. (2019). Modifikasi Pati Biji Alpukat Menggunakan Ragi Tape. Jurnal AGROINTEK, Volume 13,(Nomor 1), Hal. 14.

Veronica, M. T., & Ilmi, I. M. B. (2020). Minuman Kekinian Di Kalangan Mahasiswa Depok Dan Jakarta. Indonesian Jurnal of Health Development, 2(2), 83–84.

Yuniar, L. F. (2022). Uji Aktivitas Antibakteri pada Ekstrak Biji Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap Bakteri Staphylococcus aureus. Journal of Pharmacopolium, 5(2), 148–154. https://doi.org/10.36465/jop.v5i2.899

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Fatinia, L. A., Apriani, F., Ubaidilla, W., Ahmad Haris Hasanuddin Slamet, & Wulandari, S. A. (2024). Strategi Pengembangan Boba Davocas Menggunakan Analisis SWOT. Journal of Business Management, 2(1), 5–8. https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.12