Langkah Penting Pemasaran Strategis dan Inovasi Bagi Keunggulan Kompetitif: Studi Deskriptif Lingkungan UMKM Indonesia

Authors

  • Estin Roso Pristiwaningsih Politeknik Negeri Jember
  • Dian Rizky Politeknik Negeri Jember
  • Rahmat Dhandy Politeknik Negeri Jember
  • Financia Mayasari Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.20

Keywords:

Usaha Mikro Kecil Menengah, UMKM, Pertumbuhan ekonomi, Inovasi, Pemasaran strategis

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor industri Indonesia. UMKM Indonesia telah mulai memproduksi produk dengan teknologi yang sangat tinggi dibandingkan dengan skenario sebelumnya. Selain manufaktur yang ada, itu juga telah masuk ke dalam domain layanan. Terlepas dari semua pencapaian ini, UMKM Indonesia menghadapi berbagai rintangan dan akibatnya, tidak mampu mencapai pertumbuhan yang ditargetkan dan juga tidak mampu mengatasi persaingan global. Oleh karena itu, UMKM Indonesia perlu mengadopsi beberapa jalur strategis untuk memenuhi persaingan saat ini dan masa depan. Penelitian ini menyajikan tinjauan literatur tentang bagaimana UMKM Indonesia dapat mengadopsi pemasaran strategis dan inovasi untuk mencapai keunggulan kompetitif.

References

A., & Nguyen, B. (2020). A typology of strategies for user involvement in innovation processes. Prometheus, 36(4). https://doi.org/10.13169/prometheus.36.4.0347

Subagiyo, A., Sukidin, S., & La’ali, A. Z. (2023). Pengaruh Faktor Kesetaraan dalam Organisasi Terhadap Kapasitas Inovasi Kreativitas Dosen Perguruan Tinggi. Journal of Business Management, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.47134/jobm.v1i2.8

Ullrich, A., Vladova, G., Marquart, D., Braun, A., & Gronau, N. (2022). An Overview of Benefits and Risks in Open Innovation Projects and The Influence of Intermediary Participation, Decision-Making Authority, Experience, and Position on Their Perception. International Journal of Innovation Management, 26(02). https://doi.org/10.1142/S1363919622500128

Zhao, X., Peng, B., Zheng, C., & Wan, A. (2022). Business model innovation risk factors based on grounded theory: A multiple‐case analysis of cold chain logistics companies in China. Managerial and Decision Economics, 43(6), 2108–2118. https://doi.org/10.1002/mde.3512

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Pristiwaningsih, E. R., Rizky, D., Dhandy, R., & Mayasari, F. (2024). Langkah Penting Pemasaran Strategis dan Inovasi Bagi Keunggulan Kompetitif: Studi Deskriptif Lingkungan UMKM Indonesia. Journal of Business Management, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.47134/jobm.v2i1.20

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)